Kumpulan Informasi Menarik

Contoh Pidato Sumpah Pemuda Terbaru untuk Pelajar

Pidato Sumpah Pemuda Terbaru - Merdeka!!! Ya, itulah teriakan semangat para pemuda tempo dulu demi mewujudkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia tercinta ini. Sejarah mencatatnya pada tahun 1928 tepatnya tanggal 28 Oktober waktu itu.

Kini masa itu telah lewat, dan sudah seharusnya isi dan makna dari sumpah pemuda itu tetap masih ada di dalam sanubari para pemuda, khususnya pemuda di era modern sekarang ini. Untuk tetap meneruskan pembangunan negara ini agar terus maju dan menjadi bangsa yang lebih baik dari bangsa dan negara-negara lainnya.

Jadi, sudah sewajarnya para pemuda yang dalam tingkatan belajar di bangku sekolah, yaitu siswa-siswi pelajar baik di jenjang Sekolah Dasar, Menengah, maupun perguruan tinggi, tidak ada salahnya untuk mewujudkan rasa dan semangat sumpah pemudanya dalam wujud puisi, karya seni, atau pun karya-karya lainnya.

Dan, bagi Anda yang mungkin kebetulan mendapatkan kesempatan untuk tampil di depan dan memberikan semangat dan motivasi melalui sebuah pidato, ini mungkin bisa menjadi sebuah referensi terbaik untuk Anda agar tampil dengan pidato yang memukau. Inilah, Contoh Pidato Sumpah Pemuda Terbaru untuk Pelajar. Bahkan untuk umum juga bisa lho. Silakan dicoba.

Contoh Pidato Sumpah Pemuda Terbaru untuk Pelajar
sumber: Wikipedia.org

Contoh Pidato Sumpah Pemuda



Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bapak-bapak, ibu-ibu serta para hadirin yang berbahagia!
Tiada sepatah katapun yang patut kita ucapkan pada pagi yang cerah ini kecuali ucapan tahmid dan tasyakkur kehadirat Allah SWT. Karena hanya dengan inayah dan ma'unah-Nya kita semua dapat berkumpul di lapangan ini untuk memperingati hari yang sangat bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia khususnya bagi kawula muda, yaitu Peringatan Hari Sumpah Pemuda tepatnya tanggal 28 oktober tahun ini.

Setiap tanggal 28 oktober bangsa Indonesia khususnya bagi kawula muda telah memperingati hari yang bersejarah itu, karena pada tanggal 28 oktober tahun 1982 yang silam, para pemuda Indonesia telah mengadakan kongres yang ke II di Jakarta dengan mengikrarkan sumpah sakti sebagai tali pengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Sumpah sakti yang sebagai tali pengikat persatuan dan kesatuan bangsa itu kemudia dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Adapun isi dari Sumpah Pemuda sebagai pengikraran pada kongres ke II itu adalah sebagai berikut:
  • Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia
  • Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
  • Kami putra putri bangsa Indonesia,berbahasa satu bahasa Indonesia

Dalam memperingati hari sumpah pemuda, kita sebagai bangsa Indonesia khususnya kawula muda yang telah menikmati dan mewarisi kemerdekaan ini, marilah kita tingkatkan semangat nasionalisme yang tinggi, semangat cinta tanah air yang membaja.

Dengan sumpah pemuda itu juga, marilah kita tingkatkan persatuan dan kesatuan bangs, kita tingkatkan ukhuway islamiyah, kita pupuk kesetiakawanan diantara kita, untuk berperan aktif dalam pembangunan yang menghadapi era tinggal landas ini.

Dan dengan semangat Sumpah Pemuda ini pula, hendaknya kita menjadi pemuda yang tangguh, tahan uji, pemuda yang kreatif, pemuda yang aktif berperan dalam pembangunan dan melangsungkan pembangunan negara dan bangsa untuk menuju negara yang adil makmur sentosa, Gemah Ripah Loh Jinawe. Sebab itu, tangan pemudalah maju mundurnya atau hidup matinya suatu negara. Untuk itu bersiap-siaplah kita mulai sedini mungkin menerima estafet perjuangan dan kepemimpinan dari generasi tua. Perhatikan gambaran yang diberikan oleh seorang pujangga Islam Mustafa Al-Ghulayani:

"INAA FII FADISY SYUBBAANI AMROL UMMATI WAFII AQDAAMIHIM HAYAATAHAA"

Artinya:
"Sesungguhnya urusan bangsa dan negara adalah di tangan para pemuda. Dan ditelapak kaki merekalah hidupnya suatu bangsa".

Sekali lagi, kita di dalam memperingati hari sumpah pemuda ini marilah kita galang persatuan dan kesatuan, tingkatkan semangat kepemudaan, jadilah pemuda yang kreatif dalam pembangunan jangka panjang tahap dua ini, jadilah pemuda yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang mengabdikan diri kepada nusa bangsa tanpa pamrih apapun.

Demikianlah, satu dua kata yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya kawula muda. Kurang lebihnya kami mohon maaf. BILLAHIT TAUFIQ WALHIDAYAT. WASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.


Nah, itulah sedikit referensi atau Contoh Pidato Sumpah Pemuda Terbaru baik untuk Pelajar ataupun Umum. Ya, tinggal diganti atau ditambahi saja beberapa kata agar sesuai dengan audien atau para hadirin yang ada di tempat. Bahkan bisa juga kalau mau diubah dalam bentuk bahasa lain seperti Bahasa Jawa atau Inggis, silakan. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Jika ingin download materinya dalam bentuk DOC atau PDF, silakan klik link berikut
Author: Man Oim Title: Contoh Pidato Sumpah Pemuda Terbaru untuk Pelajar Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
TheJutsuBlog
Tags :

Populer Lainnya : Contoh Pidato Sumpah Pemuda Terbaru untuk Pelajar

0 comments:

Post a Comment